Media Pembelajaran
Pengertian Media Pembelajaran
Secara
garis besar!
Media berasal
dari bahasa latin merupakan bentuk jamak dari “Medium” yang secara harfiah berarti “Perantara” atau “Pengantar”
yaitu perantara atau pengantar sumber pesan dengan penerima pesan.
Menurut
Beberapa Ahli!
Schramm (1977) mengemukakan bahwa media pembelajaran adalah teknologi pembawa pesan yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran.
Rossi dan Breidle (1966), mengemukakan bahwa media pembelajaran adalah seluruh alat dan bahan yang dapat di pakai untuk tujuan pendidikan, seperti radio, televisi, buku, k
Briggs (1977) berpendapat bahwa media pembelajaran adalah sarana fisik untuk menyampaikan isi/materi pembelajaran seperti : buku, film, video dan sebagainya. Sedangkan, National Education Associaton(1969) mengungkapkan bahwa media pembelajaran adalah sarana komunikasi dalam bentuk cetak maupun pandang-dengar, termasuk teknologi perangkat kerasoran, majalah, dan sebagainya
Schramm (1977) mengemukakan bahwa media pembelajaran adalah teknologi pembawa pesan yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran.
Rossi dan Breidle (1966), mengemukakan bahwa media pembelajaran adalah seluruh alat dan bahan yang dapat di pakai untuk tujuan pendidikan, seperti radio, televisi, buku, k
Briggs (1977) berpendapat bahwa media pembelajaran adalah sarana fisik untuk menyampaikan isi/materi pembelajaran seperti : buku, film, video dan sebagainya. Sedangkan, National Education Associaton(1969) mengungkapkan bahwa media pembelajaran adalah sarana komunikasi dalam bentuk cetak maupun pandang-dengar, termasuk teknologi perangkat kerasoran, majalah, dan sebagainya
Ciri-ciri Media Pembelajaran
1. Ciri Fiksatif (Fixative Property)
Ciri
ini menggambarkan kemampuan media merekam, menyimpan, melestarikan dan
merekonstruksi suatu peristiwa atau objek.
2. Ciri
Manipulatif (Manipulative Property)
Transformasi
suatu kejadian atau objek dimungkinkan karena media memiliki manipulative.
3.
Ciri Distributif (Distributive
Property)
Ciri
distributive dari media memungkinkan suatu objek atau kejadian ditrasportasikan
melalui ruang dan secara bersamaan kejadian tersebut disajikan kepada sejumlah
besar siswa dengan stimulus pengalaman yang relatif sama mengenai kejadian itu.
Manfaat Media Pembelajaran
Secara
umum media pembelajaran mempunyai kegunaan-kegunaan sebagai berikut:
a. Memperjelas penyajian pesan agar tidak
terlalu bersifat verbalistis ( dalam bentuk kata-kata tertulis atau lisan
belaka)
b. Mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan daya
indera, seperti misalnya:
c. Objek yang terlalu besar, bias digantikan
dengan realita, gambar, film bingkai, film, atau model
d. Objek yang kecil, dibantu dengan proyektor
mikro, film bingkai, film atau gambar
e. Gerak yang terlalu lambat atau terlalu
cepat, dapat dibantu dengan timelapse atau high-speed
photography.
f. Kejadian atau peristiwa yang terjadi
di masa lalu bias di tampilakan lagi lewat rekaman film, video, film bingkai,
foto maupun secara verbal.
g. Objek yang terlalu kompleks (misalnya
mesin-mesin) dapat disajikan dengan model, diagram, dan lain-lain
h. Konsep yang terlalu luas (gunung berapi,
gempa bumi, iklim, dan lain-lain) dapat divisualkan dalam bentuk film, film
bingkai dan gambar
Kelebihan dan Kekurangan Media
Pembelajaran
Adapun
kelebihan menggunakan media dalam
pembelajaranmatematika antara lain:
a. Bahan pelajaran akan lebih jelas maknanya
sehingga lebih jelas dipahami siswa sehingga memungkinkan siswa
menguasai tujuan pengajaran lebih baik.
b. Metode mengajar akan lebih bervariasi.
c. Siswa lebih banyak melakukan kegiatan
belajar.
d. Motivasi belajar dari para siswa dapat
ditumbuhkan / dinaikkan.
e. Dapat mengatasi sifat pasif dari para siswa.
Adapun
kekurangan dalam penggunaan media
dalam pengajaran matematika antara lain:
a. Biaya pengadaan
b. Pengalaman seorang guru dalam menggunakan media
pembelajaran.
Contoh Alat Praga yang dapat digunakan pada
Pembelajaran Matematika
yang penggunaan dakon fpb kpk gimana ya
BalasHapus