RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMP
NEGERI 7 PALEMBANG
Mata
Pelajaran : Matematika-Wajib
Kelas/
Semester :
VIII/2
Materi
Pokok : BangunRuangSisiDatar
( Kubus )
Pertemuanke :
1
Alokasi
Waktu : 2 jam pelajaran
A. KompetensiInti
KI 1: Mengetahui
dan
menghayati
ajaran agama yang dianutnya.
KI 2: Menghargai
dan
menghayati
perilaku
jujur, disiplin,
bertanggungjawab, peduli (toleransi, gotong-royong), santun, percayadiri, dalam
berinteraksi
secara
efektif
dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaan.
KI 3: Memahami
dan
menerapkan
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) beradasarkan rasa
ingin tahu tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya
terkait
fenomena
dan
kejadian
tampak
mata.
KI 4: Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya disekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B. KompetensiDasar
KD
2.1: Menunjukkan sikap logis, kritis,
analitik, konsisten dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan tidak mudah
menyerah dalam memecahkan masalah.
KD
2.2: Memiliki rasa ingin tahu, percaya
diri, dan ketertarikan pada matematika serta memiliki rasa percaya pada daya
dan kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
KD 3.9: Menentukan luas permukaan dan
volume kubus, balok, prisma, dan limas.
C. IndikatorPencapaianKompetensi
1.
Bertanggung jawab dalam kegiatan
kelompok.
2.
Logis dalam menemukan sifat-sifat kubus.
3.
Kritis dalam proses pemecahan masalah
yang berbeda dan kreatif.
4.
Tidak mudah menyerah dalam pemecahan
masalah sifat-sifat kubus.
5.
Mengidentifikasi
unsur-unsur bangun ruang sisi datar kubus.
6.
Membuat
jaring-jaring bangun ruang sisi datar kubus.
7.
Menghitung Luas
permukaan dan Volume kubus
D. TujuanPembelajaran
Dengan pendekatan scientific melalui
model pembelajaran Project Based Learning,
maka siswa dapat:
1. Bertanggung
jawab dalam kegiatan kelompok.
2.
Logis dalam menemukan sifat-sifat kubus.
3.
Kritis dalam proses pemecahan masalah
yang berbeda dan kreatif.
4.
Tidak mudah menyerah dalam pemecahan
masalah sifat-sifat kubus.
5. Mengidentifikasikan
unsur-unsur bangun ruang sisi datar kubus.
6. Membuat
jaring-jaring bangun ruang sisi ruang
kubus.
7. Menghitung
luas permukaan dan volume kubus.
E. MateriPembelajaran
1. Menemukan
Sifat-sifat
bangun ruang sisi datar kubus.
·
Rusuk
yang berhadapan sejajar dan sama panjang pada Kubus ABCD-EFGH diatas,
rusuk AB dan DC, AD dan BC, EF dan HG, EH dan FG, AB dan EF, AE dan BF, DC dan
HG sejajar dan sama panjang. Demikian juga dengan rusuk AB dan HG, EF dan DC,
AD dan FG, EH dan BC yang sejajar dan sama panjang.
·
Sisi-sisi yang berhadapan dan mempunyai
sisi dan rusuk yang sama ABCD dan EFGH, ABEF dan DCHG, ADEH dan BCFG yang mempunyai
sisi-sisi dan rusuk yang sama panjang.
·
Semua titik sudutnya sama besar pada
setiap sudutnya. Setiap sudutnya 90O. Pada setiap sisi datar sudut
kubus.
·
Memiliki Diagonal pada setiap sisi
kubusnya. Pada sisi ABCD, AC=BD. Pada sisi EFGH, EG=FH. Pada sisi ABEF, AE=BF.
Pada sisi CDGH, CG=DH.
·
Memiliki diagonal ruang pada rongga
kubus ABCD-EFGH, ABGH, CDEF, ADFG, BCEH.
|
Misalkan setiap sisi kubus mempunyai panjang setiap
sisi rusuk yang sama panjang maka panjang, lebar dan tinggi kubus adalah sisi (s). Luas Permukaan (L) dan Volume (V) Kubus
dinyatakan dengan:
|
L Permukaan
2. Menentukan
Jaring-jaring
bangun ruang sisi ruang
kubus.
· Jaring-jaring
kubus atau kerangka kubus mempunyai 6 sisi yang sama panjang dan sama besar.
· Tersusun,
jika di rangkai membentuk kubus yang mempunyai sisi yang sama panjang
F. Model
danMetodePembelajaran
1. Pendekatan Pembelajaran :
Pendekatan Saintifik (Scientific)
2.
Model Pembelajaran : Project Learning
3.
Metode Pembelajaran :
Diskusi,
Tanya Jawab dan Tugas
G. Media
/ AlatPembelajaran
· Media
:
1. Laptop
2. LCD Proyektor
· Alat Peraga :
1. Model
Bangun ruang kubusdari
karton.
2. Kerangka
3. Mika
4. Kubus satuan
5. Benda konkrit.
H. SumberBelajar
1.
Buku
paket
Matematika
kelas VIII jilid 2A
penerbit: Erlangga.
2.
LKS
I. Langkah-langkahPembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Guru
memberikan gambaran mengenai pentingnya memahami sisi datar kubus dan
memberikan gambaran beberapa bentuk Kubus yang ada di lingkungan sekitar.
Dalam hal ini siswa melakukan kegiatan melihat
dan menanya
Dengan
beberapa model dan kerangka kubus yang telah diberikan kepada siswa. Guru
memerintahkan kepada siswa untuk menyebutkan dan menjelaskan beberapa benda
yang berada dilingkungan sekitar. Hal ini secara langsung telah melakukan
kegiatan mencoba dan menalar yang dilakukan oleh siswa
dalam mengidentifikasi sifat-sifat sisi datar kubus.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran dan memaparkan garis besar dalam kegiatan
pembelajaran.
|
5 menit
5 menit
2 menit
|
Inti
|
1. Fase 1: Stimulation (Pemberian Rangsangan/ Pemanasan)
Guru memberikan pertanyaan kepada siswa mengenai sisi datar kubus,
“sebutkan beberapa sifat-sifat atau unsur-unsur kubus yang kalian ketahui?
Apakah rubik termasuk dalam sisi datar kubus?”. Dalam kegiatan pertanyaan
yang diajukan oleh guru, dapat menimbulkan rasa ingin tahu dan pengetahuan bagi siswa.
2. Fase 3: Mengorganisasikan siswa belajar
Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok yang telah disesuaikan dengan
tidak membeda-bedakan anggota setiap kelompok. Sesuai dengan kurikulum 2013
menumbuhkan toleransi antara siswa
3.
Fase 3: Pertanyaan / identifikasi masalah
·
Guru memberikan sebuah
kerangka kubus. Lalu siswa diminta untuk berdiskusi untuk membuat kerangka
kubus yang berbentuk sedemikian rupa dengan bentuk kubus yang telah diberikan
oleh guru. Dalam kegiatan hal ini siswa dapat melihat mengidentifikasi masalah yang mereka hadapi, menalar menghitung rusuk setiap
kubus, menanya bagaimana cara
membentuk dan menghubungkan setiap rusuk kubus yang telah mereka peroleh.
4.
Fase 4: Membimbing
penyelidikan individu dan kelompok.
·
Guru berkeliling mencermati siswa
bekerja, mencermati dan menemukan berbagai kesulitan yang dialami siswa. Guru juga dapat memberi bantuan
berkaitan kesulitan yang dialami siswa
·
Siswa melakukan eksperimen dengan contoh kerangka kubus yang disediakan untuk menyelesaikan masalah yang diberikan. Guru menemukan semua
kemungkinan dari masalah yang ada. Bila siswa
belum mampu menjawabnya, guru memberi bantuan mengenai bagaimana cara agar mereka bisa menemukan penyelesaian masalah yang mereka hadapi. Dari tapahan yang
dilakukan siswa, mereka telah melakukan kegiatan mencoba
5. Fase 5: mengumpulkan data
/ menyajikan laporan
Siswa menyiapkan laporan/data sesuai dengan hasil diskusi
kelompok mengenai pembentukan kerangka kubus secara rapi, rinci,
dan sistematis.
6. Fase 6: Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah.
Guru meminta pada setiap kelompok untuk menentukan satu perwakilan untuk mengkomikasikan atau mempaparkan
hasil diskusi mereka mengenai pembuatan kerangka kubus dan sifat-sifat kubus.
Menimbulkan rasa tanggung jawab dalam mempertanggung jawabkan hasil diskusi siswa dengan
kelompoknya. Dalam hal ini juga siswa menjalankan kegiatan mengkomunikasikan.
7.
Fase 7: Menarik kesimpulan
Siswa diharapkan untuk
menangkap dan menalar hasil dari
paparan setiap kelompok lalu membuat hasil diskusi dalam sebuah bentuk
laporan data.
|
10 Menit
2 menit
10 menit
20 menit
5 menit
20 menit
5 menit
|
Penutup
|
Evaluasi : Guru memberikan satu soal yang masih berhubungan dengan
pembentukan kerangka kubus dan jaring-jaring kubus. Guru memberikan soal
individu untuk membuat kubus sesuai dengan tahapan yang telah dilakukan dalam
kelompok. Soal dikerjakan dikumpulkan dalam pembentukan sebuah laporan, hasil
pengumpulan tersebut akan dinilai. Dalam hal ini siswa dituntut untuk
menimbukan rasa Percaya diri dan tidak mudah menyerah. Lalu membuat siswa
melakukan kegiatan sesuai dengan Mengamati, Menanya, Mencoba, Menalar, dan
mengkomunikasikan lagi.
Guru mengakhiri
kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar. Guru memberitahu materi pembelajaran berikutnya untuk dipelajari.
|
20 menit
2 menit
|
J. Penilaian Hasil Pembelajaran
1.
Teknik
Penilaian: pengamatan, tes tertulis
2.
Prosedur
Penilaian:
No
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
1.
|
Sikap
a. Terlibat
aktif dalam pembelajaran
b. Bekerjasama
dalam kegiatan kelompok.
c. Konsisten dan Telitidalam menyelesaikan
tugas
individu
atau
kelompok
d. Tidak mudah menyerah dalam menyelesaikan
tugas
individu
atau
kelompok
e. Rasa ingin tahu dalam menyelesaikan
tugas
individu
atau
kelompok
|
Pengamatan
|
Selama pembelajaran dan saat
diskusi
|
2.
|
Pengetahuan
a. Mengidentifikasi
unsur-unsur
dan sifat-sifat sisi datar kubus.
b.
Membuat jaring-jaring
bangun ruang sisi datar kubus
|
Pengamatan dan tes
|
Penyelesaian tugas individu dan kelompok
|
3.
|
Keterampilan
a.
Terampil dalam
menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang berhubungan
dengan Kubus
b.
Terampil menjelaskan
unsur-unsur dan sifat-sifat Kubus dengan model atau gambar Kubus
c. Terampil menggambar bangun ruang sisi
datar kubus, membuat jaring-jaring bangun ruang sisi datar kubus
|
Pengamatan
|
Penyelesaian tugas (baik individu
maupun kelompok) dan saat diskusi
|
K.
Instrumen Penilaian
Instrumen Penilaian Sikap
PENILAIAN
SIKAP
Mata
Pelajaran :
Matematika
Kelas : VIII/2
Tahun
Pelajaran : 2014/2015
Topik : Bangun Ruang Sisi
Datar
Waktu
Pengamatan : Saat kegiatan berlangsung
Petunjuk:
1.
Fokus
sikap siswa yang dikembangkan atau ditumbuhkan dalam
pengamatan
terhadap sikap konsisten dan teliti dalam menyelesaikan tugas individu atau kelompok, tidak mudah menyerah dalam menyelesaikan tugas individu atau kelompok, dan rasa ingin tahu dalam menyelesaikan tugas individu atau kelompok.
2. Kriteria
perkembangan sikap KERJA SAMA (dalam kelompok)
·
Sangat
baik, jika menunjukkan sudah sikap konsisten dan teliti, tidak
mudah menyerah, dan rasa ingin tahu.
·
Baik,
jika menunjukkan sudah sikap konsisten dan teliti, tidak mudah
menyerah, dan rasa ingin tahu tetapi
belum terus menerus
·
Cukup,
jika menunjukkan sudah sikap konsisten dan teliti, tidak mudah
menyerah, dan rasa ingin tahu.
·
Kurang
jika menunjukkan sama sekali tidak sikap konsisten dan
teliti, tidak mudah menyerah, dan rasa ingin tahu.
3. Tuliskan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil
pengamatan.
NO
|
Nama
|
Rasa ingin tahu
|
Konsisten dan Teliti
|
Tidak Mudah Menyerah
|
|||||||||
SB
|
B
|
C
|
K
|
SB
|
B
|
C
|
K
|
SB
|
B
|
C
|
K
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
...
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
SB = Sangat Baik
B = Baik
C = Cukup
K = Kurang Baik
2. InstrumenPenilaianPengetahuan
Tes Tertulis
1.
2. Andre
diminta oleh gurunya untuk membuat kubus. Hal yang pertama harus Andre lakukan
adalah membuat jaring-jaring kubus, di antara 4 gambar dibawah ini.
manakah
yang dapat digunakan Andre untuk membuat kubus?
Catatan :
Hal pertama yang harus diperhatikan bukan
dari pemberian skor dalam jawaban siswa yang mereka peroleh, tetapi juga di
nilai dari pemahaman, komunikasi, seberapa sering mencoba, stategi yang
digunakan dalam permasalahan.
Kunci Jawaban:
Kubus memiliki 6
sisi yang menutupi semua ruangnya tanpa ada sisi yang tidak tertutupi. Maka
dapat dipastikan bahwa bentuk kubus yang benar, Kubus yang harus di ambil oleh
Andre adalah kubus nomor satu (1).
3.
InstrumenPenilaianPengetahuan
LEMBAR
PENGAMATAN PENILAIAN KETERAMPILAN
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VIII/2
Tahun Pelajaran :
2014/2015
Waktu Pengamatan : 2 x 45 menit
Indikator terampil menerapkan konsep/prinsip dan
strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan bangun ruang sisi
datar kubus.
- Kurang terampil, jika sama sekali tidak dapat menggambar bangun ruang sisi datar dan membuat
jaring-jaring bangun ruang sisi datar yang relevan, berkaitan dengan bangun ruang
sisi datar kubus.
- Terampil, jika
menunjukkan sudah ada usaha untuk menggambar bangun ruang sisi datar dan membuat
jaring-jaring bangun ruang sisi datar yang relevan, berkaitan dengan
bangun ruang sisi datar kubus.
- Sangat terampil, jika menunjukkan adanya usaha untuk menggambar
bangun ruang sisi datar dan membuat jaring-jaring bangun ruang sisi datar
yang relevan, berkaitan dengan bangun ruang sisi datar kubus.
Bubuhkan tanda √pada
kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
No
|
NamaSiswa
|
Keterampilan
|
||
Menggambar Bangun Ruang Sisi Datar dan Membuat Jaring-jaring Bangun Ruang Sisi Datar
|
||||
KT
|
T
|
ST
|
||
1
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
Keterangan:
KT:
Kurang terampil T : Terampil ST: Sangat terampil
LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS)
Satuan Pendidikan : SMA
Kelas/ Semester : VIII/2
Mata Pelajaran : Matematika
Topik : Bangun ruang sisi datar KUBUS
Waktu : 45 menit
1. Perhatikan
gambar di bawah ini.
Jawablah
pertanyaan sebagai berikut.
a. Sebutkan
dan tuliskan ada berapa rusuk-rusuk pada Kubus di atas?
b. Sebutkan
dan tuliskan ada berapa sisi pada Kubus di atas?
c. Sebutkan
dan tuliskan ada berapa titik sudut pada Kubus di atas?
d. Sebutkan
dan tuliskan ada berapa diagonal ruang pada Kubus di atas?
2. Dibawah
ini terdapat berbagai macam bentuk jaring-jaring. Tentukanlah ada berapa
jaring-jaring yang bisa di bentuk menjadi kubus?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar