Halo Guys. gua mau posting ini salah satu tugas matakuliah gua mengenai Analisis puisi. disini bisa dilihat suatu puisi yang menarik dan menjadi salah satu juara dalam perlombaan puisi yan diadakan oleh Universitas Sriwijaya yang diplopori oleh Guru besar kami Prof. Zulkardi. silakan dilihat dan semoga bermanfaat :
Analisis Puisi Matematika :
SEORANG PECINTA MATEMATIKA
Seorang bocah dulunya buta pada angka
Mengeja satu, dua, tiga
Maka lancarlah lidahnya
Mengeja satu, dua, tiga
Maka lancarlah lidahnya
Seorang ibu rumah tangga
Menghitung harga mengeluarkan rupiah
Mengejar rabat mendapat manfaat
Maka hematlah dirinya
Seorang pedagang kaki lima
Mengkalkulasi modal, laba, dan rugi
Maka sukseslah ia
Mengkalkulasi modal, laba, dan rugi
Maka sukseslah ia
Seorang penjahit profesional
Mengukur lebar, panjang, lingkaran
Dilukis kurva, garis lurus, vertikal, dan horizontal
Maka jadilah gaun yang indah
Seorang guru pada bidangnya
Menilai dengan deretan angka-angka
Manfaatkan waktu sesuai ukuran materinya
Maka teladanlah ia
Menilai dengan deretan angka-angka
Manfaatkan waktu sesuai ukuran materinya
Maka teladanlah ia
Seorang siswa dan mahasiswa
Berdiskusi dengan rasionya
Berasosiatif dengan suku-suku lainnya
Maka jadilah generasi bangsa
Seorang presiden di satu negara
Mengukir variabel yang indah
Mencari penyelesaian dengan seksama
Maka agunglah kepangkatannya
Mengukir variabel yang indah
Mencari penyelesaian dengan seksama
Maka agunglah kepangkatannya
Seorang...siapapun saja
Dalam jaring-jaring kehidupan
Selalu berkoresponden dengan matematika
Apapun, dimanapun, sampai kapanpun
Maka selamatlah dirinya
Dalam jaring-jaring kehidupan
Selalu berkoresponden dengan matematika
Apapun, dimanapun, sampai kapanpun
Maka selamatlah dirinya
M. DWITIAR RISKI
KELAS VI SD NEGERI 131 PALEMBANG
KELAS VI SD NEGERI 131 PALEMBANG
Analisis Puisi :
·
Diksi
(kata-kata dalam matematika) :
1. Angka
2. Satu
3. Dua
4. Menghitung harga
5. Mengkalkulasi modal, laba dan
rugi
6. Lebar
7. Panjang
8. Lingkaran
9. Dilukis kurva : garis lurus,
horizontal, vertikal.
10. Deretan angka-angka
11. Waktu
12. Rasio
13. Berasosiatif dengan
suku-sukunya
14. Variable
15. Kepangkatannya
16. Jaring-jaring
17. Koresponden matematika
·
Ketepatan:
Sajak
yang digunakan pada bait 1 dalam puisi telah baik dan tepat karena berakhiran a-a-a.
Sajak
yang digunakan pada bait 2 dalam puisi belum bisa dikatakan baik dan tepat
pemakaiannya karena masih berakhiran yang berbeda a-h-t-a
Sajak
yang digunakan pada bait 3 dalam puisi telah baik dan tepat karena berakhiran a-i-a
Sajak
yang digunakan pada bait 4 dalam puisi belum bisa dikatakan baik dan tepat
pemakaiannya karena berakhiran yang berbeda l-n-l-h
Sajak
yang digunakan pada bait 5 dalam puisi telah baik dan tepat karena berakhiran a-a-a-a
Sajak
yang digunakan pada bait 6 dalam puisi telah baik dan tepat karena berakhiran a-a-a-a
Sajak
yang digunakan pada bait 7 dalam puisi baik dan tepat karena berakhiran a-h-a-a. Akan tetapi, pada
pelafalannya menjadi baik sehingga menjadi a-a-a-a
Sajak
yang digunakan pada bait 8 dalam puisi telah baik dan tepat karena berakhiran a-n-a-n-a
·
Pas/sesuai
konten matematika :
Konten
yang digunakan sudah sesuai dengan Judul puisi matematika: Seorang Pencinta
Matematika. Judul tersebut secara tidak langsung telah menunjukkan akan
Pengenalan keindahan matematika yang ditunjukkan oleh seorang pencinta dari
matematika ke pada para pembaca puisi. Isi dari puisi matematika tersebut ialah
mengenai pentingnya matematika, kapan saja konsep matematika digunakan dalam
kehidupan sehari-hari.
Jadi,
dapat saya simpulkan bahwa konten matematika telat sangat bagus digunakan oleh
penulis puisi Seorang Pencinta Matematika.
·
Topik
puisi yang sesuai level tingkatan seseorang :
Topik
puisi yang dipakai oleh seorang siswa SD kelas VI tersebut telah sesuai dengan
topik permasalahan yang dimilikinya dalam membuat puisi. Karena isi puisi yang
dibuatnya terdiri atas suatu bacaan berisikan tentang keindahan dari
matematika.
Selain
itu, penggunaan kata-kata (diksi) siswa SD kelas VI tersebut sangatlah cocok
dengan ukuran usianya serta bisa diterima dan diartikan dengan mudah oleh
seseorang yang membacanya sehingga orang yang tidak terlalu memahami pelajaran
matematika menjadi tahu arti yang dimaksudkan siswa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar