RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMP Negeri 7 Palembang
Kelas/Semester : VII/1
Mata
Pelajaran : Matematika-Wajib
Topik : Himpunan
Alokasi
Waktu : 2 x 40 menit
Banyak
pertemuan : 6 Pertemuan
A.
Kompetensi
Inti
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya.
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi
Dasar
2.1 Menunjukkan sikap logis, kritis, analitik, konsisten dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan tidak mudah menyerah
dalam memecahkan masalah.
2.2 Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan
ketertarikan pada matematika serta memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan
matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
3.2 Menjelaskan pengertian
himpunan, himpunan bagian, komplemen himpunan, operasi himpunan dan menunjukkan
contoh dan bukan contoh.
C.
Indikator
Pencapaian Kompetensi.
1.
Logis
dalam menentukan himpunan.
2.
Bersikap Responsif terhadap materi yang berhubungan dengan Himpunan.
3.
Memiliki sifat Rasa Ingin Tahu terhadap materi penjelasan mengenai Himpunan.
4.
Memiliki sikap Teliti dalam menyelesaikan soal Himpunan.
5.
Menentukan
himpunan
6.
Mengidentifikasi
materi Himpunan.
7.
Menggambarkan
himpunan
bagian
8.
Menyajikan
Himpunan kosong dan himpunan semesta
9.
Memberi
contoh dan bukan contoh Himpunan.
10. Menyatakan
Himpunan.
11. Membedakan contoh
Himpunan dan bukan contoh Himpunan
12. Menyatakan
Himpunan dengan Diagram Venn.
13. Menjabarkan
operasi (Irisan) himpunan
14. Menjabarkan
operasi (Gabungan) himpunan.
15. Menjabarkan
operasi (Selisih) himpunan.
16. Menjabarkan
operasi (Komplemen) himpunan.
17. Mengklasifikasikan
tersendiri Komplemen Himpunan
18. Memecahkan masalah
Soal mengenai materi Himpunan.
D.
Tujuan
Pembelajaran
Dengan
pendekatan scientific melalui model pembelajaran Teaching Center Learning (TCL),
Inkuiri (Penemuan) dan Project Based Learning (PjBL) maka siswa dapat:
1.
Siswa Mampu berpikir Logis dalam menentukan himpunan ketika
Guru menanyakan seputar materi himpunan
2.
Siswa dapat bersikap Responsif terhadap materi ketika guru
menanyakan contoh himpunan dan bukan himpunan.
3.
Siswa akan memiliki Rasa Ingin Tahu terhadap materi yang akan diajarkan oleh guru
ketika guru membuka materi baru (himpunan).
4.
Siswa dapat memiliki sifat Teliti dengan menyelesaikan soal-soal
himpunan.
5.
Siswa dapat Menentukan himpunan ketika guru meminta contoh soal mengenai
himpunan dan bukan himpunan. (I)
6.
Siswa dapat Mengidentifikasikan himpunan bagian dengan baik dan tepat ketika
guru meminta penjelasan tentang materi himpunan bagian. (III)
7.
Siswa dapat Menggambarkan himpunan bagian dengan baik dan tepat ketika guru
meminta siswa mempaparkan materi himpunan bagian. (III)
8.
Siswa dapat Menyajikan Himpunan berupa materi himpunan yang tidak memiliki
anggota (Himpunan Kosong) dan Himpunan Semesta dengan caranya tersendiri dengan
tepat. (II)
9.
Siswa dapat Memberikan Contoh himpunan dan bukan contoh himpunan ketika guru
meminta siswa mengemukkannya didepan kelas dengan tepat. (I)
10. Siswa
dapat Menyatakan himpunan dengan
melihat objek yang diberikan secara tepat. (I)
11. Siswa
mampu Membedakan contoh himpunan dan
bukan contoh himpunan dengan hanya melihat dan membaca dengan soal yang
diberikan guru. (I)
12. Siswa
dapat Menyatakan Himpunan dengan
Diagram Venn ketika guru memberikan soal yang berhubungan dengan Materi Diagram
Venn (IV)
13. Siswa
dapat Menjabarkan operasi (Irisan) himpunan saat guru
memberikan soal materi operasi himpunan. (V)
14. Siswa
dapat Menjabarkan operasi (Gabungan) himpunan saat guru
memberikan soal materi operasi himpunan. (V)
15. Siswa
dapat Menjabarkan operasi (Selisih) himpunan saat guru
memberikan soal materi operasi himpunan. (VI)
16. Siswa
dapat Menjabarkan operasi (Kompelemen) himpunan saat guru
memberikan soal materi operasi himpunan. (VI)
17. Siswa
mampu Mengklasifikasikan tersendiri himpunan
dengan melihat dan mendengar penjelasan guru mengenai materi himpunan.(I)
18. Siswa
mampu Memecahkan Masalah berupa Soal
yang berhubungan dengan materi himpunan ketika guru memberikan soal seputar
himpunan. (V/VI)
E.
Materi
Pembelajaran
1. Mengenal
Himpunan dan menyatakan himpunan, bukan himpunan. Menyebutkan anggota himpunan
dan bukan anggota himpunan.
2. Menyajikkan
dan menyatakan cara menulis himpunan, menyatakan himpunan yang tidak memiliki
anggota (Himpunan Kosong) serta pengenalan Himpunan Semesta.
3. Himpunan
Bagian.
4. Menyatakan
Himpunan dengan Diagram Venn
5. Operasi
pada Himpunan (Irisan dan Gabungan)
6. Operasi
pada Himpunan (selisih dan komplemen)
F.
Model
dan Metode Pembelajaran
Pendekatan Pembelajaran : Pendekatan Scientific.
Model
Pembelajaran : Teaching Center Learning (TCL) dan Project Based Learning (PjBL).
Metode Pembelajaran :
Diskusi dalam kelompok besar (Guru-Siswa)
Diskusi dalam kelompok kecil
(Siswa-Siswa)
Penugasan Soal Pemecahan Masalah
G. Media/Alat Pembelajaran
Media :
ü Laptop
(PowerPoint)
ü Proyektor
(LCD)
Alat
dan bahan :
ü Lidi
ukuran kecil
ü Kelereng
ü Karet
gelang
H. Sumber Belajar
LKS
(Lembar Kegiatan Siswa) pada Setiap pertemuan
I.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
Pertemuan
1 :
Materi : Pengenalan
Himpunan
Model Pembelajaran : Problem Based Learning (PBL)
Tujuan Pembelajaran :
1. Siswa
dapat Menentukan himpunan ketika
guru meminta contoh soal mengenai himpunan dan bukan himpunan.
2. Siswa
dapat Memberikan Contoh himpunan dan
bukan contoh himpunan ketika guru meminta siswa mengemukkannya didepan kelas
dengan tepat.
3. Siswa
mampu Membedakan contoh himpunan dan
bukan contoh himpunan dengan hanya melihat dan membaca dengan soal yang
diberikan guru.
4. Siswa
dapat Menyatakan himpunan dengan
melihat objek yang diberikan secara tepat.
5. Siswa
mampu Mengklasifikasikan tersendiri
himpunan dengan melihat dan mendengar penjelasan guru mengenai materi himpunan.
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pembukaan
|
1.
Guru membuka pembelajaran dengan menyuruh siswa
berdoa dan mengabsen sebelum pembelajaran dimulai.
2.
Guru melakukan apersepsi untuk mendorong rasa
ingin tahu siswa.
3.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin
dicapai yaitu pengenalan mendalam mengenai Himpunan dalam kehidupan
sehari-hari.
4.
Guru menumbuhkan motivasi siswa untuk siap
mengikuti pembelajaran dengan beberapa pertanyaan berupa “ayo tebak dan
tentukan”
5.
Guru menampilkan suatu Powerpoint ke siswa. Dimana
didalam powerpoint tersebut terdapat suatu gambar “ada 2 kucing atau lebih,
yang ditempatkan pada kandang”.
6.
Guru bertanya kesiswa. Apa yang mereka lihat pada
powerpoint yang telah ditampilkan oleh guru. (Mengamati).
7.
Guru mempersilakkan siswa untuk menanyakan apa
yang ingin mereka ketahui mengenai gambar powerpoint yang telah ditampilkan
oleh guru (Menanya)
8.
Guru bertanya lagi ke siswa “jika 2 kucing atau
lebih dalam suatu kandang. Maka, dapat kita bilang bahwa 2 kucing atau lebih
pada kandang tersebut adalah ...” pada hal ini guru memberikan (stimulus) kepada siswa agar siswa
lebih memahami tujuan pembelajaran yang akan diarahkan pada pengenalan himpunan,
yang akan dibahas pada pembelajaran.
9.
Dari sekian banyak respon (tanggapan) yang didapatkan dari siswa yang menyatakan
bahwa 2 kucing atau lebih tersebut bisa dikatakan sebagai “kumpulan kucing,
kelompok kucing, beberapa kucing, banyak kucing, dll”. Guru memberikan
jawaban yang benar dari pernyataan siswa yang berbagai macam tersebut. “2
kucing atau lebih tersebut kita katakan bahwa itu adalah kumpulan kucing atau
kelompok kucing”.
|
15
menit
|
Pembahasan Inti
|
1.
Guru memancing kepengetahuan siswa terhadap materi
yang akan dibahas pada pembelajaran.
2.
Dari sekian banyak jawaban siswa yang didapat.
Guru baru menjelaskan materi yang akan mereka bahas pada pembelajaran adalah
materi himpunan. Dimana dengan mengatakan bahwa himpunan adalah
“Kumpulan/pengkelompokan suatu Objek atau benda yang yang telah terdefinisi
dengan jelas”.
3.
Guru menjelaskan bahwa kumpulan atau kelompok
kucing pada slide adalah Himpunan kucing.
4.
Guru membuka slide powerpoint berikutnya, dimana
pada slide powerpoint tersebut terdapat berbagai macam hewan (kucing, anjing,
ayam, kambing, sapi, dsb).
5.
Guru kembali menanyakan kesiswa apa yang mereka
lihat pada gambar powerpoint tersebut. (Mengamati).
6.
Guru memperbolehkan kembali siswa untuk menanyakan
hasil yang mereka lihat pada gambar (Menanya).
7.
Guru meminta siswa untuk mencoba mencari tau
tersendiri apa yang mereka bisa dapatkan pada gambar tersebut. Dan juga, guru
meminta siswa untuk mencoba mencari tau apakah gambar hewan tersebut dapat dikatakan
sebagai suatu himpunan atau tidak. (Mencoba
dan Menalar)
8.
Guru meminta 1-3 orang untuk mempaparkan
jawabannya mengenai gambar hewan pada powerpoint (Mengkomunikasikan).
9.
Guru kembali masuk ke materi pembahasan pada
pembelajaran himpunan dan menjelaskan pengertian himpunan sekali lagi.
10.
Guru menanyakan kembali apakah gambar hewan pada
powerpoint merupakan himpunan.
11.
Guru menjelaskan bahwa kumpulan hewan pada gambar
yang ada pada powerpoint adalah Himpunan hewan. Dengan definisi yang jelas
dan dapat di klasifikasikan sebagai Himpunan hewan peliharaan.
12.
Guru menampilkkan 3 slide dengan pertanyaan yang
pada gambar yang ada di powerpoint berupa kumpulan hewan berkaki 2, kumpulan
wanita cantik dan pria tampan, kumpulan alat-alat tulis. Dari ketiga slide
tersebut (Responsif dan Logis) Kumpulan
wanita cantik dan pria tampan itulah yang bukan termasuk dalam definisi
himpunan. Karena kata-kata cantik dan tampan tidak dapat terdefinisi dengan
jelas.
13.
Guru membuka 2 sesi tanya-jawab atas materi yang
telah disampaikan oleh guru, dimana setiap sesi memiliki 3 pertanyaan.
|
45 menit
|
Penutup
|
1.
Guru menanyakan ke 3-5 siswa kesimpulan yang dapat
mereka ambil pada pembelajaran kali ini.
2.
Guru membuat kesimpulan lebih mendasar dari
pembelajaran pengenalan himpunan.
3.
Guru memberikan arahan agar siswa terus belajar
dan mempelajari materi yang sama.
4.
Guru memerintahkan siswa agar membawa benda yang
akan digunakan pada pembelajaran selanjutnya (Lidi, Kelereng, Karet Gelang).
Dalam hal ini guru mencoba menumbuhkan rasa
ingin tahu siswa untuk apa kegunaan barang tersebut.
5.
Guru menutup pembelajaran dan memerintahkan berdoa
agar ilmu yang dipelajari bermanfaat bagi siswa.
|
20 menit
|
Pertemuan
2 :
Materi :
Menyajikkan dan menyatakan cara menulis himpunan, menyatakan himpunan yang
tidak memiliki anggota (Himpunan Kosong) serta pengenalan Himpunan Semesta.
Model Pembelejaran : Project
based Learning (PjBL).
Tujuan Pembelajaran :
1.
Siswa dapat menyajikan dan
menyatakan cara penulisan himpunan.
2.
Siswa dapat Menyajikan Himpunan berupa materi himpunan yang tidak memiliki
anggota (Himpunan Kosong) dan Himpunan Semesta dengan caranya tersendiri dengan
tepat.
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pembukaan
|
1.
Guru membuka pembelajaran dengan menyuruh siswa
berdoa dan mengabsen sebelum pembelajaran dimulai.
2.
Guru mengkondisikan siswa dalam keadaan siap
belajar
3.
Guru memerintahkan siswa mengeluarkan barang yang
telah di suruh untuk dibawa pada pertemuan sebelumnya ini (Lidi, Kelereng,
dan karet gelang).
4.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin
dicapai. Dalam hal ini akan terjadi diskusi
kelompok besar (guru-siswa), diskusi
kelompok kecil (siswa-siswa) dan tanya-jawab
yang ada.
|
10
menit
|
Pembahasan Inti
|
1.
Guru Menanyakan beberapa pertanyaan guna mengulang
sekilas definisi himpunan dan bukan himpunan. (Stimulus)
2.
Siswa menanggapi setiap pertanyaan yang
disampaikan oleh guru. Dalam hal ini guru ingin menimbulkan sifat Responsif siswa terhadap materi yang
diberikan pada pembelajaran sebelumnya. (Respon)
3.
Guru memerintahkan siswa memegang benda yang telah
dibawa (lidi, kelereng dan karet gelang).
4.
Guru mengelompokkan siswa berdasarkan barang yang
telah dibawakannya menjadi 3 kelompok. yaitu : (Mengorganisasikan)
·
Kumpulan (Kelompok) yang membawa lidi.
·
Kumpulan (Kelompok) yang membawa kelereng.
·
Kumpulan (Kelompok) yang membawa karet gelang.
5.
Guru menanyakan dari sekian kelompok tersebut
untuk dapat menyatakan bahwa kelompok yang telah membawa barang serta
berkumpul dapat dikatakan sebagai ...
·
Himpunan yang membawa lidi.
·
Himpunan yang membawa kelereng.
·
Himpunan yang membawa karet gelang.
6.
Guru mengkondisikan siswa agar berkumpul pada
setiap himpunannya ke suatu tempat yang telah ditetapkan sesuai dengan
himpunan kelompok.
7.
Guru meminta siswa untuk menuliskan nama setiap
anggota himpunan pada kelompoknya dan nama kelompoknya yang diawali huruf
kapital. Misalkan :
Himpunan
Avengers.
Maka, nama kelompok dituliskan A = {Thor, CaptainAmerika, Hulk, IronMan, Ant-Man,
dst)
8.
Guru Mengumpulkan setiap data yang diberikan siswa
dan melanjutkan pembelajaran dengan meminta siswa memperhatikan powerpoint
yang telah disiapkan pada materi pembelajaran.
9.
Guru menjelaskan “kenapa tadi guru meminta siswa
untuk menuliskan nama kelompok dengan huruf kapital”. Guru menjelaskan
lambang suatu himpunan dan cara menyatakan dan menuliskan suatu himpunan,
anggota suatu himpunan, himpunan semesta, himpunan kosong dan himpunan
bagian. melalui powerpoint yang telah dibuat. (Melihat/Mengamati)
10.
Guru memberikan lembar kegiatan siswa (LKS) yang
harus mereka kerjakan dalam kelompok sesuai dengan intruksi yang diberikan
oleh guru selama 10-15 menit.
11.
Siswa mencoba menjawab setiap pertanyaan yang ada
pada LKS (Mencoba)
12.
Guru berkeliling serta memimbing siswa yang
mengalami kesulitan dengan LKS. (Menanya
dan Menalar).
13.
Guru meminta setiap perwakilan kelompok untuk
mempresentasikan hasil diskusi yang telah mereka lakukan ketika mengerjakan
LKS. (Mengkomunikasikan).
|
60 menit
|
Penutup
|
1.
Guru menanyakan kepada 1-3 siswa untuk
menyimpulkan kegiatan pembelajaran yang dilakukan pada hari ini.
2.
Guru menambahkan kesimpulan yang telah didapatkan
dari 1-3 siswa sebelumnya.
3.
Guru memberikan pekerjaan rumah kepada siswa yang
akan dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
4.
Guru memberikan semangat atas apresiasi yang telah
lakukan oleh setiap siswa pada kegiatan pembelajaran. Serta memberikan sebuah
motivasi agar selalu mempelajari materi yang telah didapat pada pembelajaran.
5.
Guru menutup pembelajaran dengan berdo’a.
|
10 menit
|
Pertemuan
3 :
Model
pembelajaran : Problem Based Learning (PBL).
Materi : Himpunan Bagian
Tujuan Pembelajaran :
1. Siswa
dapat Mengidentifikasikan himpunan
bagian dengan baik dan tepat ketika guru meminta penjelasan tentang materi
himpunan bagian. (III)
2. Siswa
dapat Menggambarkan himpunan bagian
dengan baik dan tepat ketika guru meminta siswa mempaparkan materi himpunan
bagian. (III)
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pembukaan
|
1.
Guru membuka pembelajaran dengan menyuruh siswa
berdoa dan mengabsen sebelum pembelajaran dimulai.
2.
Guru memerintahkan 1 orang siswa untuk mengumpulkan
tugas yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya.
3.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin
dicapai pada pertemuan yaitu materi mengenai himpunan bagian.
4.
Guru memberikan apersepsi suatu kegiatan sehari-hari. Contohnya “
|
10
menit
|
Pembahasan Inti
|
1.
Guru menjelaskan materi yang akan dibahas pada
pertemuan kali ini dengan menggunakan Laptop (Powerpoint). (Melihat/Mengamati).
2.
Guru mengkoordinasikan siswa menjadi beberapa
kelompok dimana didalam 1 kelompok terdapat 4-5 orang. Guru setiap anggota
kelompok sesuai dengan aturan peringkat siswa atau nilai siswa yang telah
didapatkan. (Mengorganisasikan)
3.
Guru membagikan LKS materi himpunan bagian yang
harus dijawab oleh siswa.
4.
Guru mempersilakkan siswa untuk bertanya terlebih
dahulu Sebelum melakukan pembelajaran yang akan dilakukan. (Menanya).
5.
Guru mengintruksikan siswa untuk mengikuti
perintah oleh soal (Mencoba)
6.
Siswa mengerjakan LKS sesuai dengan kelompok
masing-masing. (terjadi diskusi kelompok kecil). (Menalar).
7.
Guru mengamati setiap kelompok serta membantu
kelompok yang mengalami kesulitan (hanya mengarahkan) dalam mengerjakan LKS.
8.
Guru meminta setiap perwakilan kelompok untuk
memaparkan hasil pekerjaan kelompok yang telah mereka lakukan. (Mengkomunikasikan)
9.
Guru melakukkan memperbaiki hasil paparan dan
diskusi kelompok (jika terdapat kesalahan). (Evaluasi)
|
65 menit
|
Penutup
|
1.
Guru meminta kepada 2 siswa untuk menyimpulkan
kegiatan pembelajaran yang dilakukan pada pertemuan kali ini
2.
Guru menambahkan kesimpulan yang telah didapatkan
dari 2 siswa sebelumnya.
3.
Guru memberikan pekerjaan rumah kepada siswa yang
akan dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
4.
Guru ngarahkan siswa untuk terus mempelajari
materi yang telah didapatkan hari ini dengan mengerjakan tugas pekerjaan
rumah yang telah diberikan.
5.
Guru menutup pembelajaran dengan berdo’a.
|
5 menit
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar