Algoritma
Menentukan Deskriminan dan Jenis Akar pers. Kuadrat
1. Masukkan
Nilai a,b,c pada persamaan kuadrat.
Contoh:
masukkan nilai a = ...
(Menampilkan cusor aktif menunggu input dari user)
masukkan nilai b = ...
(Menampilkan cusor aktif menunggu input dari user)
masukkan nilai c = ...
(Menampilkan cusor aktif menunggu input dari user)
masukkan nilai a = 4
masukkan nilai b = 3
masukkan nilai c = 2
2. Menampilkan
bentuk persamaan kuadrat a,b,c.
“Persamaan kuadrat a,b,c adalah 4x^2+3x+2”
3. Menghitung
nilai deskriminan, berdasarkan data-data yang sudah di input dengan menggunakan
rumus deskriminan
D:=(b^2-4*a*c)
D = 3^2 – 4*4*2
D = 9 – 32
D = -23
4. Menampilkan
nilai deskriminan
“ Nilai deskriminan dari Nilai data a,b,c pada persamaan kuadrat di atas
adalah -23 “
5. Menentukan
jenis akar persamaan kuadrat
Jika D=0 maka “Jenis akar-akarnya adalah
akar kembar”
Jika D<0 maka “Jenis akar-akarnya adalah
imaginer”
Jika D>0 maka “Jenis akar-akarnya adalah
Real”
Karena Nilai deskriminan
pada persamaan kuadrat di atas -23. maka Nilai D<0.
6. Menampilkan
jenis dari akar persamaan kuadrat berdasarkan kualifikasi nilai D yang sudah
dilakukan sebelumnya.
Maka, akan tampil “Jenis akar-akarnya adalah Imaginer”
Coding Program
Deskriminan dan Jenis akar
Program deskriminan_akar;
uses wincrt;
var
a, b, c, D : real;
Begin
Writeln ('PROGRAM
AKAR KUADRAT');
Writeln
('====================');
Writeln;
Writeln ('Masukkan
data kalian!');
Writeln ('Contoh :
a x^2 + b x + c = 0');
Writeln;
Write ('nilai a=
'); readln (a);
Write ('nilai b=
'); readln (b);
Write ('nilai c=
'); readln (c);
Writeln;
Writeln ('Data anda
adalah " ',a:2:2,' x^2 + ',b:2:2,' x + ',c:2:2,' = 0"');
{Kami sengaja
membuat nilai a, b, dan c yang sudah dimasukkan user
menjadi berbentuk
bilangan berkoma, dengan maksimal ada 2 angka
di belakang koma.
Tujuannya supaya jika si user memiliki soal yang
angka-angkanya
tidak bulat masih bisa dikerjakan dengan baik oleh si user.
contohnya jika
user memasukkan nilai, a=0.5, b=-1, dan c= 0.5 maka
akan dibuat
bentuknya menjadi 0.50 x^2 + -1,00 x + 0.50 , dengan
bentuk nilai 2
angka di belakang koma maka si komputer masih bisa
membaca
nilai-nilai yang telah di input itu dengan baik tanpa harus ada
pembulatan}
Writeln;
D:= SQR (b) -4*a*c;
Writeln ('Nilai
deskriminan data anda adalah ',D:2:2);
Writeln;
if D<0 then
begin
writeln ('Jenis
akar anda adalah "imajiner"');
End
else
if D>0 then
Begin
Writeln ('Jenis
akar anda adalah "akar real dan berlainan"');
end
else
if D=0 then
begin
Writeln ('Jenis
akar anda adalah "akar real dan kembar"');
end;
End.
Nama
Kelompok : 1. Diana Putri Puspita
Dewi
2. Fitri
Indah Sari
3. Indah
Lestari
4. M.
Dammiri Saputra
5. Monalisa
6. Suci
Agustina
Tidak ada komentar:
Posting Komentar