Rabu, 16 Maret 2016

Algoritma Deskriminan

Algoritma Menentukan Deskriminan dan Jenis Akar pers. Kuadrat
1.      Masukkan Nilai a,b,c pada persamaan kuadrat.

Contoh:
masukkan nilai a = ... (Menampilkan cusor aktif menunggu input dari user)
masukkan nilai b = ... (Menampilkan cusor aktif menunggu input dari user)
masukkan nilai c = ... (Menampilkan cusor aktif menunggu input dari user)
masukkan nilai a = 4
masukkan nilai b = 3
masukkan nilai c = 2
2.      Menampilkan bentuk persamaan kuadrat a,b,c.

Persamaan kuadrat a,b,c adalah 4x^2+3x+2

3.      Menghitung nilai deskriminan, berdasarkan data-data yang sudah di input dengan menggunakan rumus deskriminan
D:=(b^2-4*a*c)
D = 3^2 – 4*4*2
D = 9 – 32
D = -23
4.      Menampilkan nilai deskriminan

Nilai deskriminan dari Nilai data a,b,c pada persamaan kuadrat di atas adalah -23

5.      Menentukan jenis akar persamaan kuadrat
Jika D=0 maka “Jenis akar-akarnya adalah akar kembar”
Jika D<0 maka “Jenis akar-akarnya adalah imaginer”
Jika D>0 maka “Jenis akar-akarnya adalah Real”
Karena Nilai deskriminan pada persamaan kuadrat di atas -23. maka Nilai D<0.

6.      Menampilkan jenis dari akar persamaan kuadrat berdasarkan kualifikasi nilai D yang sudah dilakukan sebelumnya.

Maka, akan tampil “Jenis akar-akarnya adalah Imaginer
Coding Program Deskriminan dan Jenis akar
Program deskriminan_akar;
uses wincrt;
var
a, b, c, D : real;
Begin
   Writeln ('PROGRAM AKAR KUADRAT');
   Writeln ('====================');
   Writeln;
   Writeln ('Masukkan data kalian!');
   Writeln ('Contoh : a x^2 + b x + c = 0');
   Writeln;
   Write ('nilai a= '); readln (a);
   Write ('nilai b= '); readln (b);
   Write ('nilai c= '); readln (c);

   Writeln;
   Writeln ('Data anda adalah " ',a:2:2,' x^2 + ',b:2:2,' x + ',c:2:2,' = 0"');

   {Kami sengaja membuat nilai a, b, dan c yang sudah dimasukkan user
    menjadi berbentuk bilangan berkoma, dengan maksimal ada 2 angka
    di belakang koma. Tujuannya supaya jika si user memiliki soal yang
    angka-angkanya tidak bulat masih bisa dikerjakan dengan baik oleh si user.
    contohnya jika user memasukkan nilai, a=0.5, b=-1, dan c= 0.5 maka
    akan dibuat bentuknya menjadi 0.50 x^2 + -1,00 x + 0.50 , dengan
    bentuk nilai 2 angka di belakang koma maka si komputer masih bisa
    membaca nilai-nilai yang telah di input itu dengan baik tanpa harus ada
    pembulatan}

   Writeln;

   D:= SQR (b) -4*a*c;

   Writeln ('Nilai deskriminan data anda adalah ',D:2:2);

   Writeln;


   if D<0 then
   begin
    writeln ('Jenis akar anda adalah "imajiner"');
   End

   else

   if D>0 then
   Begin
    Writeln ('Jenis akar anda adalah "akar real dan berlainan"');
   end

   else

   if D=0 then
   begin
    Writeln ('Jenis akar anda adalah "akar real dan kembar"');
   end;

End.

Nama Kelompok :      1. Diana Putri Puspita Dewi
                                    2. Fitri Indah Sari
                                    3. Indah Lestari
                                    4. M. Dammiri Saputra
                                    5. Monalisa

                                    6. Suci Agustina

Tidak ada komentar:

Posting Komentar